Beranda > Uncategorized > Alasan Uang Logam Zaman Dulu Ada Lubangnya

Alasan Uang Logam Zaman Dulu Ada Lubangnya

 

Uang Kuno
Uang zaman dulu khususnya Majapahit mempunyai bentuk yang unik berbeda dengan uang keping zaman sekarang cenderung lebih simpel bahkan nilai seni tidak di tonjolkan. Mata uang Majapahit yang telah di temukan Arkeolog mempunyai nilai seni yang sangat unik pada diameter tengah ada lubangnya.
Sesuai sumber berita dari Jawa Pos pernah memberitakan penemuan uang kuno disinyalir peninggalan Majapahit, sedikitnya 40 keping mata uang asing ditemukan di lokasi situs Segaran, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Selain kepingan logam, ratusan jenis gerabah zaman Majapahit juga ditemukan di lokasi itu.
Ketua Tim Evaluasi Pusat Informasi Majapahit (PIM) Prof Mundardjito, mengatakan bahwa temuan barang-barang tersebut menguatkan dugaan bahwa kawasan Segaran adalah pusat Kota Majapahit.
Sedangkan, kepingan uang logam dari negara asing tersebut membuktikan bahwa pada masa itu telah terjalin hubungan dagang dan diplomatik yang sangat serius antara kedua negara.
”Kalau kita membaca sejarah, Majapahit sudah mempunyai hubungan diplomatik antara Vietnam, Thailand, dan China pada masa itu,” ujar Mundardjito.
Dosen Universitas Indonesia Jakarta ini menuturkan, selain menemukan kepingan uang kuno, aksi penggalian juga menemukan beberapa bilah pisau dapur bermodel keris yang memiliki tujuh lekuk.
Penemuan keris dan uang logam ini tidak dalam satu tempat. Dan tingkat kedalamannya pun juga tak sama. Mulai dari kedalaman 1 meter hingga 3 meter. Sementara itu, arkeolog PIM, Rizki, mengatakan bahwa penemuan uang asing tersebut sebagai bukti kuat bahwa Kerajaan Majapahit sudah mempunyai budaya yang kuat terhadap dunia jual beli dan mempunyai nilai estetika arsitektur yang sangat tinggi.
Pada uang logam yang telah ditemukan mempunyai lubang ditengah, ini karena untuk memudahkan dalam membawa uang dengan tali dimasukkan satu persatu. Pada era tersebut belum mengenal dompet seperti sekarang, lalu bagaimana cara membawa uang. Ada metode cara membawa uang pada masa itu seperti dengan tali dimasukkan ke lubangnya dan kantong kecil dari kain seperti kantong jimat.
Uang Unik
Uang Majapahit
Nah, itulah alasan kenapa pada masa itu uang logam dibuat berlubang pada tengahnya hal ini sangat berbeda pada zaman sekarang yang sudah mengenal dompet maupun rekening tidak perlu repot dalam membawa uang. Teknologi era sekarang sangat memanjakan orang sehingga jalan praktis selalu menjadi nomor satu.
About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: