Beranda > Elektronika, Line Tracer, Robot > Dasar Komponen Elektronika

Dasar Komponen Elektronika

robojrline-750small

Resistor : adalah komponen elektronika yang mempunyai karakteristik membatasi/menghambat arus listrik yang melaluinya. Resistor merupakan komponen pasif dan pada rangkaian elektronika, resistor biasanya digunakan sebagai pembatas arus, pembagi arus dan pembagi tegangan. setiap bahan memiliki nilai resistansi yang berbeda.

Rangkaian resistor:

Rangkaian seri: Rtotal=R1+R2+R3

Memperbesar nilai resistansi yang berbeda. Kuat arus yang melalui setiap hambatan sama. Berfungsi sebagai pembagi tegangan.

Rangkaian Paralel: 1/R1 + 1/R2 + 1/R3

Memperkecil nilai resistansi. Beda potensial pada setiap hambatan adalah sama. Berfungsi sebagai pembagi arus.

Kapasitor: adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik. Kapasitas kapasitor didefinisikan sebagai perbandingan tetap antara muatan dengan tegangan.

C=Q/V

C= Kapasitas (farad)

Q= Muatan Listrik (Coloumb)

V=Tegangan Listrik (Volt)

Transistor:  Sebagai komponen penguat, switching atau driver.

Dari berbagai bentuk transistor yang ada di pasaran, pada umumnya pada transistor terdapat tanda-tanda khusus baik berupa titik atau tonjolan yang menunjukkan posisi emitor. Sedangkan transistor yang berbentuk topi, kolektor terdapat pada badan transistor. Jenis transistor adalah NPN dan PNP.

Cara kerja Transistor:

Untuk NPN, jika ada arus yang mengalir dari basis menuju emitor maka akan ada arus yang mengalir dari kolektor menuju emitor.

Untuk PNP, jika ada arus yang mengalir dari emitor menuju basis maka akan ada arus yang mengalir dari emitor menuju kolektor.

B=Ic/Ib, dimana Ic >> Ib

B: besar penguatan

Ic: arus kolektor

Ib: arus basis

Catatan: transistor tidak dapat digantikan oleh rangkaian dioda.

Untuk transistor type NPN bias basis diberikan bias positif dan untuk type PNP sebaliknya yaitu bias negatif.

Tranceiver dan Receiver: adalah komponen elektronika yang bersifat memancarkan sinyal dan receiver adalah komponen elektronika yang bersifat menerima sinyal tersebut. Dalam kasus ini Tranceiver yang digunakan adalah berupa infrared (Ired). Ired adalah komponen elektronika yang memiliki prinsip kerja seperti LED (Light Emitting Dioda) hanya saja yang dipancarkan adalah sinar infra merah yang nyaris tidak tampak. Intensitas cahaya yang melaluinya sebanding dengan arus yang melewatinya, tetapi arus yang melaluinya tidak lebih dari 22 mA. Sedangkan receiver yang digunakan adalah berupa photo dioda atau photo trnsistor, dimana transistor ini peka terhadap cahaya terutama sinar infra merah. Photo transistor adalah gabungan dari photo dioda dan transistor yang terhubung pada basisnya.

Photo diode adalah komponen elektronika yang jika terkena cahaya, maka akan menimbulkan beda potensial pada kaki-kakinya.

Komparator: komparator adalah salah satu aplikasi dari op-amp (Operational Amplifier), dimana memiliki fungsi membandingkan besar dua potensial yang diberikan.

Cara kerja dari piranti komparator adalah membandingkan beda potensial yang diberikan pada terminal A (+) dan B (-). jika  A < B dan A = B maka out = 0.

  1. hanzz
    Mei 3, 2010 pukul 9:57 am

    mksih blognya . jadi trbantu tugas saya .

    • pinkyrexa
      Mei 4, 2010 pukul 6:45 am

      you’re welcome .
      emgnya tugas apa ya???

  2. chandra
    November 4, 2010 pukul 9:40 am

    bagus tentang penjelasannya. kalau ada lagi post lagi dong. saya sangat tertarik dengan elektro

    • pinkyrexa
      Januari 2, 2011 pukul 8:13 am

      ok

  3. Februari 5, 2013 pukul 4:56 am

    Great post. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Extremely useful info specially the last part🙂 I care for such information a lot. I was seeking this particular information for a very long time. Thank you and good luck.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: