Beranda > Uncategorized > RI-NHO ITS Robotic Team Juara 2 KRI 2012 Regional IV

RI-NHO ITS Robotic Team Juara 2 KRI 2012 Regional IV

Kontes Robot Indonesia (KRI) kembali digelar tahun ini, kali ini satu tim khusus KRI bertanding mewakili ITS. RI-NHO, begitulah lima mahasiswa multi angkatan ini menyebut timnya. RI-NHO dibentuk berdasarkan peraturan dari Asia Pasific Robot Contest (ABU Robocon), kompetisi internasional yang kini digelar di Hongkong.

Sejak peraturan kompetisi internasional tersebut diumumkan pada Agustus tahun lalu, tim RI-NHO telah mulai merencanakan konstruksi robotnya. Dimulai dari melakukan berbagai riset terkait dengan teknologi untuk membuat robot hingga merancangnya. Perjuangan mereka pun berlangsung hampir setiap hari tanpa absen.

M Fatkhulloh Arrohman, Pinky Rexa Buana, Zaini Latif, Isa Hafidz serta Moch Wahyu Kurniawan adalah kelima mahasiswa tersebut. Sedangkan Rudy Dikairono, dosen Jurusan Teknik Elektro, menjadi dosen pembimbing mereka.

Uniknya, mereka tidak hanya terdiri dari mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang umumnya menggilai robotik dan elektronika. Diantaranya ada yang berasal dari Jurusan Teknik Mesin. Bahkan ada yang berasal dari jurusan yang tidak ada hubungannya dengan dunia robotik sama sekali, Teknik Geomatika. ”Kami tidak memperdulikan jurusan, yang pasti kita punya hobi dan kecintaan yang sama,” jelas Fatkhul, ketua tim.

Usut punya usut, mereka telah terjun dalam dunia robotik ITS sejak masih menjadi mahasiswa baru. Saat itu, dalam sebuah tim robot terdapat satu tim support yang bertugas untuk membantu. Dengan menjadi tim support itulah mereka mulai belajar merangkai robot.  Menurut Fatkhul, penilaian untuk dapat menjadi tim inti juga dilakukan ketika mereka masih menjadi tim support. ”Dosen pembimbing dan tim terdahulu yang menilai kemampuan dari calon tim,” ujarnya.

Dari 13 tim KRI, akan diambil tiga juara dan satu tim pemilik catatan waktu tercepat yang diranking dari seluruh peserta yang ada. Fatkhul menjelaskan bahwa tim RI-NHO mengejar catatan waktu tercepat sehingga menjadi salah satu kandidat untuk tingkat nasional nantinya.

Perjuangan mereka dalam mempersiapkan kompetisi jelas tidak setengah-setengah. Mereka mengerjakan robotnya setiap hari mulai jam lima sore hingga subuh menjelang. Rexa menambahkan bahwa mereka sering tidak mengikuti perkuliahan lantaran terlalu sibuk berkutat dengan robot. ”Kalau kuliah pun juga pasti ngantuk dan ketiduran di kelas,” selorohnya sambil tersenyum.

Saat ini, mereka menargetkan untuk lolos di kancah nasional, baru kemudian menyusun strategi ke kancah internasional. ”Sangat optimis untuk lolos hingga nasional,” tegas Fatkhul berbarengan dengan Rexa saat ditanya seberapa optimis mereka akan menang.

Salah satu hal yang membuat mereka cukup optimis adalah efisiensi gerakan yang mereka terapkan di robotnya. Sejak awal pengerjaan, mereka berlima cenderung sangat teliti dalam membuat robot. Setiap gerakan dari robot tersebut dibuat seefisien mungkin.

Misalnya, dalam gerakan tangan robot kolektor, alternatif tercepat dari gerakan tersebut lah yang mereka program untuk robot. Uji kemampuan robot pun mereka lakukan mulai dari komponen terkecil. ”Setiap selesai satu bagian langsung diprogram, tidak menunggu hingga banyak,” jelas Fatkhul lagi.

Hasil Semua Pertandingan KRI dan KRCI Regional IV 2012 di gedung robotika ITS
KRI :
Juara 1 : ROLPENS dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
Juara 2 : RI-NHO dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Juara 3 : Bhatara dari Universitas Brawijaya
Juara Harapan : NEW_R dari Universitas Negeri Surabaya
Strategi Terbaik : ROLPENS dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya(PENS)
Desain Terbaik : Bhatara dari Universitas Brawijaya

KRCI :
Divisi Beroda :

Juara 1 : EFFIRO dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya(PENS)
Juara 2 : GHEN_ForLabE dari Universitas Bhayangkara Surabaya
Juara 3 : Dewo 2.0 dari Universitas Negeri Surabaya

Divisi Berkaki :
Juara 1 : ULIL ALBAB dari Politeknik Negeri Malang
Juara 2 : EILERO dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya(PENS)
Juara 3 : DOME Universitas Muhammadiyah Malang

Divisi Humanoid Soccer :
Juara 1 : EROS Politeknik Elektronika Negeri Surabaya(PENS)
Juara 2 : DEWO dari Universitas Negeri Surabaya
Juara 3 : Hurofu dari Institut Teknologi Speuluh Nopember
Juara Harapan: PENGUIN dari Universitas Brawijaya

Penghargaan Khusus KRCI:
Desain Terbaik : DOME dari Universitas Muhammadiyah Malang
Inovasi Terbaik : EROS dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya(PENS)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: