Beranda > Uncategorized > Pembangunan Tahap I Pelabuhan Manyar Gresik Dianggarkan 7 Triliun

Pembangunan Tahap I Pelabuhan Manyar Gresik Dianggarkan 7 Triliun

Pembangunan Tahap I Pelabuhan Manyar Gresik Dianggarkan 7 Triliun. Terminal Multipurpose Teluk Lamong masih satu tahun lagi beroperasi. Tetapi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III saat ini gencar memaparkan program paska selesainya pembangunan Teluk Lamong. Salah satunya adalah rencana pembangunan Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) di Manyar, Gresik.

Program pembangunan pelabuhan Manyar terbesar di Indonesia itu diperkirakan menelan biaya Rp 10 triliun. “Untuk tahap pertama tahun ini kita alokasikan Rp 7 triliun. Selanjutnya akan ada tahapan berikutnya, sesuai dengan kebutuhan,” kata Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto
dijumpai di Auditorium Bromo lantai lima kantor Pelindo III, akhir pekan lalu.

Djarwo mengatakan, ada tiga tahapan yang akan dilakukan di JIIPE nanti. Tahap pertama ini adalah pembangunan awal seperti jalan penghubung, pemerataan lahan, dan pengurukan. Sedangkan tahap kedua dan ketiga pembangunan fisik yang disesuaikan dengan demand (kebutuhan). “Secara fisik tahap pertama memang tidak terlihat, tetapi untuk tahapan berikutnya akan kita bangun sesuai dengan pertumbuhan kawasan industri di pelabuhan baru ini,” jelasnya.

Ia mengatakan, bukan berarti pelabuhan ini menunggu adanya permintaan dari kawasan industri. Tetap akan memfasilitasi sesuai dengan kebutuhan pelabuhan sebagaimana mestinya, tetapi pembangunan juga melihat dari pertumbuhan industri. “JIIPE merupakan komplek pelabuhan dengan konsep port industrial estate. Dimana di kawasan tersebut akan dibangun kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan. Konsep ini
diharapkan bisa menekan biaya pengiriman logistik dari hulu hingga ke hilir,” ujar dia.

Program anggaran tahun yang dikeluarkan Pelindo III tahun ini sebesar Rp 6,1 triliun. Khusus untuk pembangunan Pelabuhan Mnayar Kalimireng itu, Pelindo III telah menyiapkan program multiyears. Aritnya anggaran Rp 7 triliun yang disiapkan bukan untuk tahun ini saja. Meskpiun start awal pembangunan akan dilakukan kuartal kedua tahun ini. Alumnus ITB itu menyebut pembangunan Kalimireng pada tahap awal tidak bisa selesai dalam satu tahun.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: