Beranda > Uncategorized > 6 Tips Mencegah Penipuan Berkedok Online Shop

6 Tips Mencegah Penipuan Berkedok Online Shop

Penipuan Online Shop
Tren belanja online yang makin meningkat mendorong penipuan di ranah online shopping juga makin meningkat. Bagaimana caranya untuk menghindari jadi korban online shopping? berikut beberapa tips untuk mencegah korban berjatuhan akibat dari ulah online shop yang tidak bertanggung jawab.
Harap diperhatikan juga online shop banyak memanfatkan blog sebagai media gratis harap pergunakan rekening bersama sebagai syarat agar aman dalam berbelanja online. Berikut ini trik bagaimana menghindari penipuan berkedok online yang disajikan Liputan6.com dari perusahaan pembuat antivirus Trend Micro.
1. Bookmark Situs Belanja Resmi
Simpan atau tandai alamat toko online resmi untuk mencegah penyesatan yang dilakukan oleh peretas melalui mesin pencarian online. Bila Anda belum pernah melakukan belanja secara online, maka pilih toko resmi dan kunjungi alamat situsnya yang dipublikasikan melalui promosinya.
2. Jangan Percaya Penawaran via Email
Bila Anda mendapatkan penawaran dari toko online melalui surat elektronik atau email sebaiknya abaikan saja. Adanya penyingkat tautan (URL Shortened) bisa saja membuat kita menjadi tidak mengetahui alamat tujuan dari tautan yang dilampirkan. Trend Micro menyarankan peninjauan terhadap tata bahasa dan kata-kata asing pada penawaran di email.
3. Verifikasi Penawaran yang Tidak Meyakinkan
Sebaiknya tinjau kembali sumber penawaran yang dikirimkan kepada Anda. Identifikasi sederhana bisa dilakukan dengan memperhatikan datang dan ditujukan kepada siapa saja, baik di email ataupun di media jejaring sosial. Seringkali penawaran yang diberikan pada toko online palsu kurang masuk akal, diskon yang terlalu besar ataupun harga yang terlalu murah.
4. Perhatikan Layanan Pembayaran Online
Dengan menyimpan catatan transaksi untuk melacak transaksi yang pernah dilakukan agar lebih mudah melakukan laporan pada bank ataupun lembaga keuangan lainnya jika ada penyelewengan. Pengguna kartu kredit ataupun kartu debit berhak dan wajib melaporkan kepada bank jika mengetahui kejanggalan pada transaksi mereka. Sebaiknya gunakanlah kartu kredit dengan batasan paling minimal atau gunakan kartu debit.
5. Gunakan Aplikasi Keamanan Terpercaya
Piranti lunak anti-virus dapat mengurangi atau membatasi serangan yang dilakukan di dunia maya. Bila Anda ragu apakah suatu situs aman atau tidak, silakan membuka global.sitesafety.trendmicro.com.
6. Gunakan Rekening Bersama
Kehadiran rekening bersama yang berfungsi sebagai ‘terminal uang’ bisa membantu anda untuk melakukan verifikasi pada barang yang dipesan. Hal ini bisa menghindari pengiriman uang pada pihak yang tak bertanggung jawab. Tapi, pilihlah akun rekening bersama yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik.

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: