Beranda > Uncategorized > Minuman Teraneh Didunia Dihasilkan Dari Kotoran Hewan

Minuman Teraneh Didunia Dihasilkan Dari Kotoran Hewan

 

Kopi Luwak
Jika Anda seorang penggemar kopi hitam biasa, mungkin aneh rasanya kalau belum pernah mendengar kopi luwak. Jenis kopi asli Indonesia konon merupakan jenis kopi termahal di dunia, fakta menunjukkan hingga sampai masuk ke Guiness Book of Records. Sangat tidak heran jika di pasaran dunia untuk harga perkilogram kopi Luwak, orang harus membayar berjuta-juta hanya cuma minuman.
Anda pasti sudah mengetahui Kopi luwak yaitu biji kopi pilihan yang dimakan oleh binatang luwak (Viverridae) selanjutnya proses dikeluarkan bersamaan dengan kotoran binatang tersebut. Meski dimakan dalam pencernaan luwak, biji kopi tetap utuh tidak tercerna karena keras, tetapi mengalami proses pencampuran dan fermentasi dengan makanan luwak lainnya.
Sebelum lebih lanjut kita harus mengetahui apa itu binatang luwak? luwak (Viverridae) yaitu binatang sebagai pemakan tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, dan bunga-bungaan, luwak merupakan binatang yang pandai memilih makanan yang baik berkualitas.

Jadi setiap makan binatang tersebut akan memilih yang sudah matang dan binatang tersebut bisa membedakan jenis makanan yang akan dimakan. Proses selanjutnya yaitu proses fermentasi di dalam pencernaan luwak tersebut yang membuat rasa kopi ini berbeda. Aromanya lebih harum serta ada rasa pahit dan getir asam yang lebih khas dan spesial dibanding kopi biasa.

Proses pengolahan kopi luwak sama dengan pengolahan kopi pada umumnya, hanya perbedaannya pada proses giling yang digantikan oleh luwak. Fermentasi  terjadi di dalam perut luwak, biji kopi tercampur dengan  enzim yang ada dalam perut luwak.

Suhu dalam perut  yang mencapai   26O C  membantu proses  fermentasi sempurna.  Kedua keistimewaan  ini menghasilkan aroma dan cita rasa  kopi  luwak   yang enak dan khas  disamping  kelebihan kopi yang lain.
Dari segi harga kopi hasil olahan dari binatang ini ternyata tidak murah, di Amerika Serikat, terdapat kafe atau kedai yang menjual kopi luwak (Civet Coffee) dengan harga cukup mahal. Kopi yang diproduksi dari kotoran luwak ini bisa mencapai harga AS$100 per 450 gram di Amerika.

Di Hongkong secangkir kopi luwak dapat dibeli dengan harga 300-400 ribu rupiah. Sedangkan di Kota Medan dapat dibeli dalam kemasan 4 ons dengan harga 1,5 juta rupiah. Namun kebenaran kopi yang dijual adalah benar-benar kopi luwak atau bukan, masih menjadi tanda tanya. Khususnya bagi mereka yang mengkonsumsinya di luar Indonesia karena disana barang didatangkan dari luar.
Melihat dari harganya sangat fantastis karena kopi luwak adalah biji kopi pilihan yang dimakan oleh binatang tersebut. Tidak heran banyak para petani Indonesia mengembangkan usaha ini karena memang sangat besar nilainya dari hasil penjualan kopi luwak tersebut.

Bagi anda yang suka akan kopi luwak juga siapin uang untuk membeli karena seperti dijelaskan di atas secangkir kopi luwak di hongkong bisa sampai 400 ribu rupiah. Selamat menikmati kopi luwak asli bikinan Indonesia.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: