Beranda > Uncategorized > Tiga Juara Dunia di Podium, Raikkonen Juaranya

Tiga Juara Dunia di Podium, Raikkonen Juaranya



 

Jakarta – Tiga pebalap yang pernah menyandang titel juara dunia menguasai podium di GP Australia. Juara dunia tahun 2007 yang kini membela tim Lotus, Kimi Raikkonen, berhasil mencatatkan waktu tercepat.

Raikkonen berhasil mencatatkan waktu satu jam 30 menit 3,225 detik. Pebalap asal Finlandia itu diikuti oleh Fernando Alonso (juara dunia 2005 dan 2006), dan Sebastian Vettel (peraih hat-trick 2010, 2011, dan 2012), yang finish berturut-turut dibelakangnya.

Mengawali lomba di Sirkuir Albert Park, Melbourne, Minggu (17/3/2013) siang WIB, dari posisi tujuh, Raikkonen tampil bagus hingga mengakhiri balapan di posisi pertama. Strategi pit stop dan pemilihan ban yang jitu menjadi kunci kemenangnan tim Lotus di GP Australia.

Raikkonen memilih dua kali melakukan pit stop, sementara empat pebalap lain di posisi lima besar tiga kali. Hasilnya, pada akhir balapan Raikkonen bahkan bisa 12,40 detik lebih cepat dari Alonso di posisi kedua, serta berjarak 22,3 detik dari Vettel.

Titel juara di GP Australia ini merupakan yang kedua sejak Raikkonen kembali ke ajang adu cepat ‘jet darat’ musim lalu.

Terakhir kali Raikkonen menempati peringkat pertama adalah saat melakoni balapan di GP Abu Dhabi, 4 November 2012. Saat itu, dia juga sukses mengasapi Alonso dan Vettel.

Jalannya Balapan

Vettel yang memulai balapan dari pole position, bisa mempertahankan posisinya saat start. Duo pebalap Ferrari, Felipe Massa dan Fernando Alonso, yang menempati grid keempat dan lima berhasil langsung menyodok ke urutan satu-dua.

Webber melakukan pit stop untuk mengganti ban di lap kelima. Saat kembali ke lintasan dia menempati posisi 18.

Satu lap kemudian Button juga menyusul mengganti ban. Setelah itu dia berada di posisi dibelakang Webber.

Vettel juga melakukan pit stop di lap kedelapan. Gantian Massa kini berada di posisi terdepan yang disusul oleh Alonso dan Kimi Raikonen. Setelah itu, Vettel ada di posisi sembilan.

Alonso mengambil alih pimpinan lomba setelah Massa juga masuk pit stop di lap kesembilan. Satu Lap kemudian Pebalap asal Spanyol itu dan Raikkonen bersamaan juga mengganti ban. Hamilton menjadi kini pebalap terdepan.

Vettel kembali menempati posisi tiga besar di lap ke-14. dua pebalap di depannya adalah Nico Rosberg dan Adrian Sutil yang belum masuk pit stop.

Alonso masul pit untuk kedua kalinya di lap 22. Seusai itu, dia ada di peringkat kelima.

Massa memimpin balapan saat lap 23 sebab Sutil dan Vettel bersamaan masuk pit.

Di Lap 24, Vettel berhasil menyalip pebalap asal Jerman lainnya, Sutil. Dia kini berada di posisi enam.

Tiga lap kemudian driver Williams, Pastor Maldonado, gagal melanjutkan balapan karena tergelincir keluar trek. Bendera kuning juga sempat dikibarkan karena hujan kembali turun.

Di lap 28, pebalap tim Mercedes, Nico Rosberg juga gagal meneruskan balapan sebab mengalami masalah pada mesin.

Alonso mengambil alih pimpinan balapan dari Raikkonen yang masuk pit di lap 36. Pebalap tim Lotus itu lantas menempati posisi lima saat kembali ke trek.

Sutil dan Raikkonen ada di posisi satu-dua saat lap 41 sebab Alonso masuk pit lagi. Driver tim ‘kuda jingkrak’ itu tak buang-buang waktu di pit hingga bisa kembali ke trek dengan menempati posisi tiga.

Raikkonen berhasil menyalip Sutil di lap 44. Posisi empat besar saat ini ditempati Raikkonen, Sutil, Alonso dan Vettel.

Sutil akhirnya melakukan pit stop kedua di lap 48. posisinya turun ke nomor lima saat kembali ke lintasan.

Balapan tinggal menyisakan 10 lap, Raikkonen berhasil mempertahankan posisi hingga lomba selesai. Dia menjadi pemenang seri pertama balap F1 musim ini diikuti Alonso dan Vettel yang berturut-turut di belakangnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: