Beranda > Uncategorized > Kraken, Sekedar Mitos Ataukah Fakta

Kraken, Sekedar Mitos Ataukah Fakta

 

Kraken Sekedar Mitos Ataukah Fakta
Kraken adalah monster laut yang sangat terkenal di dunia. Mungkin tidak ada monster di dunia ini yang mampu menandingi kehebatan Kraken. Sangking terkenalnya Kraken bahkan sempat muncul dalam beberapa film. Kraken digambarkan sebagai mahluk raksasa yang akan menggulung dan menghancurkan kapal-kapal. Kraken konon hidup di perairan sekitar Islandia dan Norwegia. Tapi ada satu hal yang unik tentang Kraken, yaitu kemungkinan bahwa monster ini bukanlah hanya legenda saja.
Nama Kraken sendiri diduga berasal dari bahasa Skandinavia “Krake” yang berarti hewan yang tidak sehat atau sesuatu yang aneh. Kata ini sendiri masih digunakan oleh orang Jerman untuk menggambarkan gurita. Sebagian besar dari kita hanya akan menganggap Kraken sebagai legenda belaka, tetapi sebenarnya ilmu pengetahuan pun mengakui keberadaan Kraken.
Dalam buku yang berjudul Systema Naturae yang ditullis pada tahun 1735 oleh Carolus Linaeus, seorang pakar yang pertama kali membagi mahluk hidup dalam golongan-golongan, Kraken di golongkan sebagai Chepalopoda dengan nama latin Microcosmus. Selain itu seorang Uskup dan Naturalis bernama Erik Ludvigsen Pontopiddan pada tahun 1752 dalam bukunya yang berjudul Natural History of Norwaymenyebutkan bahwa Kraken “tidak bisa disangkal, adalah monster laut terbesar yang pernah dikenal”.
Karena penasaran dengan Kraken saya lalu mencoba mencari beberapa penjelasan yang masuk akal tentang mahluk legendaris ini, tapi sebelumnya segala penjelasan ini hanya berdasarkan logika saya jadi mungkin tidak akan sesuai dengan pendapat anda.
Kraken digambarkan sebagai mahluk yang mampu melilit sebuah kapal berukuran besar. Jika pernyataan ini diterapkan pada kondisi saat ini mungkin kita akan sulit menerimanya, karena saat ini kapal yang masuk kategori kapal besar memiliki ukuran yang sangat besar. Tapi jika kita gunakan logika berdasarkan jaman pada saat legenda ini dimulai maka cerita ini mungkin benar adanya. Hal ini dikarenakan dahulu sebuah kapal yang masuk kategori besar biasanya berukuran antara belasan meter saja. Bagi beberapa jenis cumi atau gurita raksasa yang memiliki panjang belasan hingga puluhan meter, membelit kapal seukuran ini tentulah tidak sulit.
Lantas mengapa hewan itu menyerang kapal tersebut? Hal ini mungkin berkaitan dengan legenda lain yang mengatakan bahwa Kraken bermusuhan dengan salah satu hewan laut lainnya Paus Penyembur, tercantum dalam buku Frank T. Bullen berjudul The Cruise of the Cacalot terbitan tahun 1924. Sekilas bentuk sebuah kapal dari bawah memang mirip dengan tubuh seekor Paus dan kemungkinan inilah yang menjadi penyebab serangan dari sang Kraken.
Dalam legenda Kraken digambarkan memiliki tubuh sebesar pulau. Untuk yang satu ini saya sulit menemukan teori yang logis. Pemikiran paling logis yang bisa saya temukan adalah bahwa ini semua disababkan sifat manusia yang selalu melebih-lebihkan sesuatu. Coba saja anda membuat sebuah kisah tertentu, saat kisah itu mencapai orang ke sepuluh biasanya kisah itu pasti telah mengalami sedikit modifikasi menjadi sesuatu yang sangat spektakuler ^0^.
Setelah berhasil menemukan logika tentang Kraken, saya jadi tertarik untuk mencari kira-kira apa hewan yang mungkin menjadi penyebab lahirnya legenda Kraken ini. Dan setelah pencarian selama beberapa hari inilah beberapa hewan yang menurut saya menjadi kandidat Kraken.
1. Giant Squid
Hewan ini diperkirakan dapat tumbuh hingga sepanjang 18 meter. Pada tahun 1880 ditemukan sebuah potongan tentakel yang dianggap dari Giant Squid dengan panjang sekitar 18 meter.
2. Colosal Squid
Colosal Squid memiliki ciri-ciri yang mirip dengan Giant Squid, hanya saja pada bagian tentakelnya terdapat kait-kait tajam. Contoh Colosal Squid yang pernah ditemukan memiliki mantel sepanjang 2,5 meter dan diperkirakan hewan ini masih bisa tumbuh lebih besar lagi. Jika ditambah dengan tentakelnya mungkin hewan ini bisa mencapai panjang lebih dari 20 meter.
Sepertinya hanya ini yang bisa saya sampaikan mengenai penelusuran saya akan legenda Kraken. Sekali lagi ini hanya pendekatan berdasarkan logika saya yang terbatas. Saya sendiri tertarik untuk membuat artikel ini setelah beberapa waktu yang lalu melihat monster ini dalam sebuah film. Saat itu ada teman saya yang berkata “Kira-kira Kraken itu fakta atau cuma mitos yah?”. Dan kata-kata itu sukses membuat saya sulit tidur karena memikirkan legenda Kraken hahaha.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: