Beranda > Uncategorized > PERANG ISRAEL VS PALESTINA: China Desak Konflik Diakhiri

PERANG ISRAEL VS PALESTINA: China Desak Konflik Diakhiri

Bangunan di Gaza hancur/Reuters/Ibraheem Abu Mustafa

 

BEIJING-China mendesak Israel dan Palestina menghentikan konflik berdarah yang telah berlangsung selama enam hari itu dan menelan korban ratusan orangPalestina  tewas, dengan alasan kekerasan itu hanya menambah ketegangan di Timur Tengah.

China, anggota permanen dari Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto, biasanya memainkan peran kecil dalam diplomasi Timur Tengah, tapi memiliki hubungan dekat dengan bangsa Palestina selama puluhan tahun.

Namun dalam beberapa tahun terakhir ini relasi negara itu dengan Israel juga meningkat, terutama dalam bidang pertahanan.

“China sangat mencemaskan serangan militer Israel berskala besar yang terus berlanjut ke Jalur Gaza. Kami mengecam penggunaan kekerasan yang menimbulkan kematian dan korban luka-luka di antara warga yang tak bersalah,” ujar jurubicara Kemlu China Hua Chunying, Senin (19/11).

Sementara itu, para menteri luar negeri dari negara-negara Arab dan Turki mengunjungi Gaza untuk menunjukkan solidaritas mereka dengan bangsa Palestina dan Hamas, yang sedang terkurung oleh serangan bertubi-tubi Israel.

Juru bicara Liga Arab mengemukakan, Selasa (20/11) bahwa kunjungan itu merupakan kesepakatan dari pertemuan darurat organisasi bangsa-bangsa Arab itu di Kairo Sabtu lalu.

Ketika itu para menteri memberikan dukungan kepada upaya Mesir untuk gencatan senjata antara Israel dan Palestina.

“Para menteri luar negeri dari Mesir, Maroko, Palestina, Irak, Sudan, Qatar, Lebanon dan Yordania, bersama menlu Turki meninggalkan Kairo menuju kota Al-Arish (dekat perbatasan Mesir dengan Gaza) darimana mereka akan menyeberang wilayah Rafah, Mesir, menuju Gaza,” ujar sumber di Liga Arab.

Ketua Liga Arab Nabil Elaraby mengatakan dalam konferensi pers bersama Sekjen PBB Ban Ki-moon bahwa delegasi tingkat menteri “sedang menuju ke Jalur Gaza untuk menyatakan solidaritas penuh mereka dengan rakyat Palestina disana.”

Para menteri negara-negara Arab mengecam keras serangan udara Israel ke Gaza, yang dimulai Rabu lalu  sebagai respons terhadap apa yang Israel sebut sebagai serangan roket Hamas yang tak bisa ditolerir lagi ke wilayah selatan Israel.

Sejauh ini sudah 110 warga Palestina tewas dalam serangan Israel itu, kebanyakan dari mereka adalah warga sipil, termasuk 27 anak-anak. Tiga orang Israel terbunuh pekan lalu ketika rudal dari Gaza menghancurkan rumah mereka.

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: