Beranda > Uncategorized > Perbandingan Senjata Israel Vs Palestina

Perbandingan Senjata Israel Vs Palestina


Israel membombardir Jalur Gaza, Palestina, sejak seminggu terakhir. Serangan udara yang dilancarkan Israel ini mengincar basis-basis kelompok Hamas.

Namun, tak jarang serangan itu menyasar warga Palestina. Seratus lebih warga Palestina tewas. Di antaranya anak-anak dan perempuan.
Serangan udara itu masih dimungkinkan disusul dengan invasi darat. Persiapan gempuran darat telah dilakukan dan rampung. Pasukan darat siap digerakkan. Diserang, pejuang Palestina tidak tinggal diam. Mereka membalas dengan senjata yang dimiliki. Saling serang menjadi pemandangan sehari-hari di Palestina dalam sepekan belakangan ini.
Ada data menarik terkait persenjataan yang digunakan, baik oleh Israel maupun pejuang Palestina, dalam pertempuran sepekan belakangan ini. Data itu dikeluarkan oleh The Jerusalem Fund for Education & Community Development–sebuah organisasi yang berbasis di Washington DC–pada Senin 19 November 2012.

Dari data itu, terlihat betapa timpang kekuatan kedua belah pihak. Senjata-senjata super modern berada di pihak Israel dalam gempuran udara ini. Betapa tidak, Israel memiliki Rudal Jericho III. Rudal yang memiliki jangkauan 4.000 mil. Mampu mengangkut senjata seberat 1.300 kilogram dan mapu membawa hulu ledak nuklir seberat 750 kilogram.

Israel juga mengoperasikan peawat tanpa awak IAI Heron. Unmanned Aerial Vehicle (UAV) alias drone ini mampu terbang sejauh 217 mil dan mampu mengangkut senjata seberat 250 kilogram. Pesawat tanpa awak ini merupakan senjata efektif Israeln untuk menggempur kantong-kantong pejuang Palestina. Pertama kali dioperasikan pada 1994. Peran Heron juga sangat signifikan dalam serangan Israel ke Palestina sepanjang 2008-2009.
Israel juga mengoperasikan Jet tempur F-16 dalam serbuan udara ini. Jet tempur buatan Amerika Serikat ini siap mengangkut dua bom yang masing-masing seberat 907 kilogram dalam sekali penerbangannya. F-16 juga dilengkapi senjata canon 20mm.
Tak hanya burung besi F-16. Israel juga mengoperasikan helikopter serbu Apache. Heli yang juga buatan AS ini mampu terbang 300 mil. Dilengkapi roket hydra 70, rudal udara AGM-114 hellfire, dan senapan 30mm.
Selain itu, Israel juga masih memiliki rudal yang dikembangkan di dalam negerinya, Delilah. Rudal ini mempunyai daya jelajah 150 mil dengan hulu ledak seberat 30 kilogram. Rudal ini dioperasikan sejak 1995.
Data ini tidak menyertakan sejumlah peralatan yang belum digunakan Israel. Zionis Israel masih memiliki kapal serbu dan tank Merkava yang dimiliki oleh angkatan bersenjata Israel. Tank Markava bisa dipersenjatai dengan dua senapan mesin 7.62 mm dan mortir 60 mm. Senjata-senjata ini bisa ditembakkan secara akurat dan sangat mematikan. Tank ini siap dioperasikan dalam invasi darat Israel.
Selain itu, Israel juga memiliki kapal selam, kapal rudal, korvet, dan kapal patroli. Jerusalem Fund juga menuliskan bahwa senjata-senjata ini tidak dibeli Israel dengan uang pajak warganya. Senjata-senjata itu diperoleh dan diproduksi dengan dana dari AS.
Bandingkan dengan kekuatan Palestina. Melihatnya, tampak jelas perang ini menghadapkan pasukan kaya raya dengan persenjataan lengkap melawan kelompok yang mayoritas masih hidup di bawah garis kemiskinan. Palestina memiliki roket Fajr-5 dan M-75. Roket ini memiliki jangkauan 47 mil. Berhulu ledak 90 kilogram. Fajr ini awalnya diproduksi oleh Iran pada akhir 1980-an atau awal 1990-an.
Palestin juga memiliki roket Grade dan pengembangannya. Roket Grade berdaya jangkau 12,6 mil dan berhulu ledak 18 kilogram. Sedangkan Grade yang diupgrade berdaya jangkau 30 mil dan berhulu ledak 40 kilogram.
Selain itu, Palestina juga memiliki Roket Qassam. Berdaya jangkau 11 mil dengan hulu ledak 15 kilogram. Ada juga mortir berat yang bisa menjangkau 6 mil dan berhulu ledak 2,3 kilogram. Belum lagi, senjata Palestina ini harus menembus sistem pertahanan anti rudal Israel (iron dome) yang dipasang di sejumlah titik.
Iron Dome ini merupakan sebuah sistem pertahanan udara bergerak yang dirancang untuk mencegat dan menghancurkan roket jarak pendek dan artileri dengan rudal pencegat. Sitem yang dibuat dengan bantuan AS ini diciptakan untuk pertahanan warga Israel dari ancaman roket.
Sejak Januari hingga September 2012, senjata-senjata Israel tercatat telah merenggut 55 nyawa warga palestina dan melukai 257 lainnya. Dari jumlah itu, sekitar 20 persen atau 61 korban adalah anak-anak, 28 merupakan wanita. 209 korban berjatuhan dalam serangan udara Israel, 69 akibat tertembak, dan 18 akibat pengerahan tank.
Pada 2011, warga yang tewas akibat proyektil Israel berjumlah 108 orang, 15 di antaranya anak-anak atau perempuan. 468 lainnya terluka, 143 di antaranya anak-anak atau perempuan. Sejak 27 Desember 2008 hingga 30 September 2012, sekitar 1.661 warga palestina tewas akibat gempuran Israel. Sementara, dalam kurun waktu itu, hanya 18 orang Israel yang tewas akibatserangan Palestina.
Data per 2009
Ketimpangan semakin terlihat jika kita melongok seluruh persenjataan Israel. Setidaknya pada tahun 2009, Israel memiliki 875 pesawat tempur, 84 pengangkut pesawat tempur, dan 286 helikopter.Persenjataan itu masih ditunjang oleh 34 ribu personel Angkatan Udara. Palestina, tak memiliki kekuatan udara ini.
Di sektor Angkatan Laut, Israel memiliki tiga kapal selam nuklir, 15 kapal perang, 50 kapal patroli, dan 3 landing craft. Sementara Israel memiliki 9.500 personel reguler AL, 10.000 tentara AL cadangan. Total, 19.500 personel AL. Sementara, Palestina lagi-lagi tak memiliki kekuatan di laut.
Di darat, Israel memiliki 133.000 personel reguler, 380.000 tentara cadangan. Total 513.000 tentara di darat. Sementara, Palestina memiliki sejumlah kekuatan di daarat.
Palestina memiliki 15.000 Brigade Al-Qassam, 6.000 pasukan khusus, 30.000 pasukan penjaga keamanan. Selain itu, Palestina juga memiliki 1.200 personel penjaga presiden (hanya di Tepi Barat), ribuan personel Brigade Martir Al-Aqsa, dan ribuan personel tambahan dari berbagai organisasi pembebasan Palestina.
Total personel darat Palestina sekitar 62.200. Hanya sekitar 20.000 berada di Gaza dan terus melakukan perlawanan.
Dari segi peralatan di darat, Palestina masih kalah jauh dibanding Israel. Per 2009, negara Zionis memiliki 3.800 tank. Sedangkan Palestina tidak punya sama sekali. Israel memiliki 6.390 kendaraan tempur. sementara Palestina hanya 50 unit dan itupun berada di Tepi Barat.
Israel juga memiliki 2.100 unit altileri, 25 baterai rudal darat dan 70 peluncur rudal darat ke udara. Sementara itu, Palestina memiliki beberapa peluncur rudal Qassam dan roket Grad.
Yang mengerikan adalah kekuatan nuklir. Pada 2009, Israel tercatat memiliki 70 hingga 400 senjata nuklir, sementara Palestina tidak memiliki senjata nuklir sama sekali.
Israel juga memiliki lebih dari 150 pesawat tanpa awak Jericho I, Jericho II, dan Jericho III lengkap dengan rudal berjangkauan 4,350 mil. Sementara, Palestina tidak punya senjata sejenis
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: